Rabu, 22 November 2017

Memilih Toko Material Online

Toko Material Online
Herschelbuilt.com
Di zaman internet seperti sekarang, belanja online sudah menjadi gaya hidup baru sebagian orang yang telah menjadi bagian dari masyarakat digital. Daripada mengeluarkan biaya transportasi ke toko material, belum lagi terkena macet, mencari parkiran yang kosong, sesak, lebih baik membeli via online. Belanja online lebih praktis, mudah, dan efisien. Modal yang diperlukan hanya kuota internet. Pembayaran bisa dilakukan dengan m-banking atau yang sejenisnya. Dan rata-rata konsultan interior desain Jakarta juga memiliki website sehingga kebutuhan materialnya sudah bisa diprediksikan. Cara seperti ini lumrah dilakukan di kota-kota yang penetrasi internetnya cukup tinggi.

Meskipun cara berbelanja material secara online cukup murah dan direkomendasikan oleh perusahaan-peruashaan interior desain Jakarta, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilik webstore penyedia bahan material. Karena banyaknya toko-toko online material yang tersebar di internet, maka perlu kehati-hatian agar tidak salah memilih. Salah satu yang membuat orang kecewa saat berbelanja online adalah spek barang yang dikirim tidak sama dengan barang saat pemesanan. Kualitasnya di bawah namun harganya sama seperti kualitas yang dipesan. Tentu ini sangat mengecewakan dan bisa berakibat toko online tersebut di-blacklist oleh konsumen. Oleh karena itulah berbelanja online harus lebih ekstra hati-hati daripada belanja langsung ke toko materialnya.

Apa saja yang harus diperhatikan saat membeli material online?


Pertama, konsumen sendiri sudah harus tahu tentang barang yang hendak dibeli. Misalnya membeli mebel granit. Konsumen harus tahu apa saja kelebihan-kelebihan umum granit agar spek yang dibeli sesuai kebutuhan sekaligus menegaskan kembali kepada pemiliki toko online material tersebut agar menyediakan granit sesuai dengan ciri khasnya. Karena berbelanja via online tidak bisa “memegang” barang secara langsung, maka satu-satunya cara adalah meminta jaminan bahwa barang yang dibeli sama dengan spek yang diminta. Jangan sampai pengirimannya berbeda dari pemesanan.

Kedua, jaminan uang kembali. Meski tidak semua toko material online memberikan fasilitas ini, namun carilah yang juga memberikan money back guarantee apabila barang yang dikirim berbeda dengan spek yang dipesan. Mintalah rekomendasi kontraktor interior desain Jakarta untuk memberikan webstore yang ada fasilitas seperti ini. Apalagi jika baru pertama kali bertransaksi dengan toko online tersebut, jaminan bahwa bisa mendapatkan kembali uang pembayaran karena kesalahan penyedia material menjadi nilai plus tersendiri.

Ketiga, pilihlah toko online material yang berlokasi satu kota atau satu kecamatan dengan konsumen. Semakin jauh jaraknya semakin mahal biaya pengirimannya. Apalagi kalau kebutuhan material itu cukup banyak dan harus beberapa kali pengiriman dan menggunakan beberapa kendaraan. Lebih disarankan untuk membeli dari toko material terdekat yang biaya pengirimannya relatif lebih kecil. Terkadang bahkan toko material menyediakan layanan pengiriman secara gratis di area-area tertentu. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh konsumen dan bisa dijadikan salah satu bahan pertimbangan dalam belanja online.

Keempat, lakukan perbandingan harga antara webstore yang satu dengan webstore yang lain. Hitunglah harga satuannya, diskon yang ditawarkan, biaya transportasi dan lain-lain. Ada beberapa material yang murah di satu toko namun mahal di toko lain, namun toko lain itu menyediakan material tertentu yang lebih murah dari toko pertama. Konsumen harus pintar-pintar memilih webstore berdasarkan kebutuhannya. Ada yang tidak peduli sama harga karena sudah percaya, namun ada juga yang sangat sensitif terhadap harga dan mudah memesan dari toko yang berbeda. Hal ini tidak masalah karena setiap konsumen berbeda-beda cara berpikirnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar