Jumat, 10 November 2017

Para Desainer Interior Top Kelas Dunia yang Perlu Diketahui

Desainer Interior Kelas Dunia
Herschelbuilt.com
Tidak lengkap rasanya kalau belum mengenal tokoh-tokoh desainer kelas dunia yang selama ini karya-karyanya banyak menginspirasi kurator interior di berbagai negara. Ibarat industri musik, para musisi legendaris sering sekali menjadi referensi utama para pemain musik lokal untuk berkarya dengan mengambil gaya, cara bermusik, aransemen dan sebagainya sehingga mempengaruhi pemusik lain dalam berkarya. Demikian juga dengan seni interior. Tema-tema yang menjadi mainstream di berbagai bangunan residensial, perkantoran, pusat perbelanjaan tentu tidak lepas dari karya-karya mereka yang sebelumnya sudah mendunia. Beberapa penyedia jasa desain interior Jakarta pun juga merujuk pada desain-desain mereka meski tentu tidak ditiru 100 persen. Kreator adalah pencipta dari apa yang sudah ada. Desain interior yang banyak diaplikasikan selama ini merupakan gabungan berbagai macam karya serta sentuhan personal dari desainer yang merancangnya.

Apa saja yang bisa diambil pelajaran dari para desainer interior top dunia itu? Bagi kurator lokal, bisa ditiru proses kreatif mereka dalam merancang sebuah desain baru. Sedangkan bagi end user, bisa dijadikan referensi untuk membangun properti pribadinya selain desain-desain yang sudah dikenal selama ini. Karya mereka bisa dimodifikasikan untuk kemudian diaplikasi dalam ruang-ruang yang ada. Tentu bisa dikonsultasikan terlebih dulu dengan perusahaan jasa desain interior Jakarta apakah desain yang dijadikan rujukan tersebut cukup realistis diterapkan atau tidak. Perlu diingat pula bahwa para desainer itu berasal dari negara-negara lain yang dalam merancang karyanya dipengaruhi (salah satunya) oleh kondisi iklim di negara masing-masing. Meski secara visual menarik, namun belum tentu cocok diterapkan di iklim tropis seperti di Indonesia. Oleh karena itu, perlu pemahaman yang mendalam tentang mengapa sebuah desain itu dibuat.

Frances Adler Elkins adalah salah satu desainer interior yang memiliki ciri khas futuristik Karya-karyanya bisa dilihata di Yerba Buena Klun, Cypress Point Club, Mansion Zellerback serta Casa Amesti. Konsep desainnya juga bercampur dengan vintage. Kreatifitasnya dalam mengkombinasikan warna dengan furnutur patut diacungi jempol dan bahkan menginspirasi desainer-desainer lain setelahnya.

Selain itu ada juga Elsie de Wolfe, perancang desain interior rumah-rumah para konglomerat. Klien-kliennya meliputi Keluarga Barrymore, Beckwith, Frick dan Crocker. Barangkali konsep minimalis itu berasal dari Elsie. Ia yang menyarankan untuk membuat desain yang simpel tapi tetap elegan dengan pemilihan furniture dan ornamen yang mudah dipelihara dan dibersihkan. Konsep dasarnya bergaya Viktoria, namun kreatifitasnya berhasil menciptakan banyak inovasi dalam setiap karya-karyanya. Bisa dikatakan kalau Elsie adalah trendsetter untuk desain interior di zamannya.

Dorothy Draper adalah desainer interior lain yang cukup dikenal di dunia. Karakternya yang tenang dan serius mempengaruhi gaya desainnya. Ia berani menggunakan kombinasi warna-warna liar dan mencampur pola dengan motif bunga atau bergaris. Portofolionya meliputi Metropolitan Museum of Arts (bahkan museum ini disebut juga The Dorotheum sebagai bentuk penghargaan kepada Dorothy), Hampshire House, Camellia Hotel, Greenbier Hotel, Casion Resort, Arrowhead Springs Hotel,  dan sebagainya yang tersebar di berbagai negara. Masterpiece dari karya Dorothy adalah Istana Quintandinah dan Royal Palace. Konsep minimalis yang ia perkenalkan akhirnya mempengaruhi desain interior di seluruh dunia. Indonesia sendiri banyak yang mengaplikasikan konsep tersebut pada hunian residensial, apartemen, dan juga perkantoran.

Penyedia jasa desain interior Jakarta memiliki ribuan contoh-contoh desain yang bisa ditiru dan diaplikasikan. Tidak bisa dipungkiri bahwa desain-desain tersebut sedikit banyak dipengaruhi oleh karya-karya mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar