Senin, 06 November 2017

Mengenal Macam-Macam Pameran Interior di Indonesia

Pameran Interior di Indonesia
Herschelbuilt.com
Sebagai bagian dari industri kreatif di Indonesia, kebutuhan akan desain interior saat ini memang semakin meningkat seiring dengan tumbuhnya industri properti di tanah air.  Perumahan, gedung-gedung perkantoran, apartemen adalah bagian dari industri properti yang sudah pasti membutuhkan jasa desainer interior.  Selain itu, menjamurnya pusat-pusat perbelanjaan yang di dalamnya ada butik, kafe dan restoran juga mendorong meningkatnya permintaan interior yang unik dan elegan.  Jika sering berkunjung ke mal, ada banyak butik baju dan masing-masing memiliki interior yang berbeda satu sama lain. Demikian juga tempat makan seperti kafe dan restoran. Walaupun sama-sama menjual kopi, sama-sama berlogo warna hijau, namun desain interiornya tetap saja berbeda. Pilihan kursi, meja, dekorasi, warna dominan adalah unsur-unsur yang membedakan antara satu kafe dengan kafe lainnya. Walau sama-sama menjual burger, dan sama-sama didominasi warna merah dan kuning, perhatikan saja dekorasi dan interior di dalamnya. Pasti terdapat perbedaan pada pilihan furnitur, konter pemesanan, dekorasi dinding dan bahkan pintu masuknya.

Pameran interior yang sering diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh pelaku bisnis maupun end user yang mencari dekorasi menarik untuk rumahnya. Pesertanya dari berbagai perusahaan interior, salah satunya dari Jakarta interior design firm yang memang menjadi pusat industri interior. Berbagai produk dan jasa yang berkaitan dengan interior akan dipajang selama kegiatan ini berlangsung. Dan biasanya perusahaan yang menjadi peserta pameran memberika potongan khusus selama pameran yang bisa dimanfaatkan oleh konsumen. Dengan beragam pilihan, model, harga dan varian-varian produk, berkunjung ke pameran interior bisa menghemat waktu dan biaya daripada mendatangi satu persatu untuk mencari produk yang sesuai kebutuhan. Bahkan sebagian peserta pameran menyediakan sesi khusus untuk berkonsultasi dan memberikan free design sebagai servis tambahan. Ini bisa dimanfaatkan oleh calon konsumen.

Salah satu eksibisi interior yang sering dipadati pengunjung adalah CASA Indonesia yang sudah diselenggarakan delapan kali sejak 2010. Diselenggarakan oleh majalah CASA, kegiatan ini sukses menarik ribuan pengunjung dan miliaran rupiah transaksi selama pameran berlangsung. Pesertanya selain dari Jakarta interior design firm juga diikuti oleh instansi pemerintah (Badan Ekonomi Kreatif), perusahaan kontraktor arsitektur, konsultan interior, yang semunya berasal dari berbagai kota. Di sini selain pameran juga ada presentasi karya yang terlihat dair instalasi desain dan furnitur yang unik dan memiliki keunggulannya masing-masing.

Selain itu ada juga Megabuild Indonesia yang tidak saja menjadi showcase bagi perusahaan arsitektur dan interior, namun juga produsen material serta teknologi terkini untuk pembangunan. Bisa dikatakan bahwa event ini merupakan pameran konstruksi terlengkap dan mengarah pada segmen B2B (business to business). Di sini akan ditemui berbagai macam kebutuhan untuk pembangunan seperti bahan material (batu, semen), atap konstruksi, keramik, penerangan, dan tentu desain interior. Semua berada dalam satu event yang berkonsep one stop shopping ini.

IndoBuildTech termasuk pameran interior yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Merupakan pameran industri interior yang paling lama yang diselenggarakan di Indonesia, khususnya di Jakarta. Daya tariknya tidak saja pelaku industri dalam negeri, namun juga menarik perhatian konsumen dan pebisnis Asia Tenggara. Peserta pamerannya juga berasal dari berbagai negara. IndoBuildTech bisa disebut sebagai pameran terbesar dari sisi keterlibatan peserta dari berbagai negara. Tidak heran jika setiap tahunnya eksibisi ini selalu dipadati oleh pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar