Herschelbuilt.com |
Sebagai bagian dari industri
kreatif di Indonesia, kebutuhan akan desain interior saat ini memang semakin
meningkat seiring dengan tumbuhnya industri properti di tanah air. Perumahan, gedung-gedung perkantoran,
apartemen adalah bagian dari industri properti yang sudah pasti membutuhkan
jasa desainer interior. Selain itu,
menjamurnya pusat-pusat perbelanjaan yang di dalamnya ada butik, kafe dan
restoran juga mendorong meningkatnya permintaan interior yang unik dan
elegan. Jika sering berkunjung ke mal,
ada banyak butik baju dan masing-masing memiliki interior yang berbeda satu
sama lain. Demikian juga tempat makan seperti kafe dan restoran. Walaupun
sama-sama menjual kopi, sama-sama berlogo warna hijau, namun desain interiornya
tetap saja berbeda. Pilihan kursi, meja, dekorasi, warna dominan adalah
unsur-unsur yang membedakan antara satu kafe dengan kafe lainnya. Walau
sama-sama menjual burger, dan sama-sama didominasi warna merah dan kuning,
perhatikan saja dekorasi dan interior di dalamnya. Pasti terdapat perbedaan
pada pilihan furnitur, konter pemesanan, dekorasi dinding dan bahkan pintu
masuknya.
Pameran interior yang sering
diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu
oleh pelaku bisnis maupun end user
yang mencari dekorasi menarik untuk rumahnya. Pesertanya dari berbagai
perusahaan interior, salah satunya dari Jakarta interior design firm yang memang menjadi pusat industri interior. Berbagai
produk dan jasa yang berkaitan dengan interior akan dipajang selama kegiatan
ini berlangsung. Dan biasanya perusahaan yang menjadi peserta pameran memberika
potongan khusus selama pameran yang bisa dimanfaatkan oleh konsumen. Dengan
beragam pilihan, model, harga dan varian-varian produk, berkunjung ke pameran
interior bisa menghemat waktu dan biaya daripada mendatangi satu persatu untuk
mencari produk yang sesuai kebutuhan. Bahkan sebagian peserta pameran
menyediakan sesi khusus untuk berkonsultasi dan memberikan free design sebagai
servis tambahan. Ini bisa dimanfaatkan oleh calon konsumen.
Salah satu eksibisi interior
yang sering dipadati pengunjung adalah CASA Indonesia yang sudah
diselenggarakan delapan kali sejak 2010. Diselenggarakan oleh majalah CASA,
kegiatan ini sukses menarik ribuan pengunjung dan miliaran rupiah transaksi
selama pameran berlangsung. Pesertanya selain dari Jakarta interior design firm juga diikuti oleh instansi pemerintah
(Badan Ekonomi Kreatif), perusahaan kontraktor arsitektur, konsultan interior,
yang semunya berasal dari berbagai kota. Di sini selain pameran juga ada
presentasi karya yang terlihat dair instalasi desain dan furnitur yang unik dan
memiliki keunggulannya masing-masing.
Selain itu ada
juga Megabuild Indonesia yang tidak saja menjadi showcase bagi perusahaan
arsitektur dan interior, namun juga produsen material serta teknologi terkini
untuk pembangunan. Bisa dikatakan bahwa event ini merupakan pameran konstruksi
terlengkap dan mengarah pada segmen B2B (business
to business). Di sini akan ditemui berbagai macam kebutuhan untuk
pembangunan seperti bahan material (batu, semen), atap konstruksi, keramik,
penerangan, dan tentu desain interior. Semua berada dalam satu event yang
berkonsep one stop shopping ini.
IndoBuildTech termasuk pameran interior yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Merupakan
pameran industri interior yang paling lama yang diselenggarakan di Indonesia,
khususnya di Jakarta. Daya tariknya tidak saja pelaku industri dalam negeri,
namun juga menarik perhatian konsumen dan pebisnis Asia Tenggara. Peserta
pamerannya juga berasal dari berbagai negara. IndoBuildTech bisa disebut
sebagai pameran terbesar dari sisi keterlibatan peserta dari berbagai negara.
Tidak heran jika setiap tahunnya eksibisi ini selalu dipadati oleh pengunjung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar