Minggu, 12 November 2017

Rumah Sakit dengan Desain Termegah di Dunia

Rumah Sakit Megah
herschelbuilt.com
Sebagai salah satu arena publik yang paling sering dikunjungi masyarakat, rumah sakit haruslah menjadi tempat yang nyaman dan kondusif bagi mereka yang ingin memeriksa kesehatannya. Rumah sakit harus mencitrakan diri sebagai tempat di mana semangat hidup orang semakin meningkat. Di dalamnya terdapat spirit untuk hidup sehat dan sembuh. Standart desain interior rumah sakit, khususnya di Indonesia hampir sama, yaitu dominasi warna putih dan bau obat. Tentu ini kurang menciptakan atmosfer semangat sembuh tersebut. Dengan merubah interiornya menjadi lebih dinamis, maka secara psikologis bisa mendorong pasien untuk cepat-cepat sembuh dan sehat kembali. Namun apabila ingin merenovasi interiornya, tentu harus berkonsultasi terlebih dulu dengan perusahaan interior design di Jakarta agar mendapat konsep yang sesuai dengan visi misi rumah sakit itu sendiri. Semakin spesial penyakit yang ditangani, maka konsepnya juga semakin spesifik. Misalnya rumah sakit khusus kanker, ibu dan anak, jantung dan sebagainya.
Beberapa rumah sakit di dunia memiliki desain interior yang menarik dan elegan. Sebenarnya bisa dijadikan referensi untuk membangun rumah sakit di Jakarta. Perusahaan interior design di Jakarta yang telah dipilih sebagai kontraktor pun bersedia menggambar konsep yang mirip dengan rumah sakit yang ada di berbagai negara tersebut. Misalnya Children’s Hospital di California. Desain rumah sakit ini cukup menyolok alias eye catching. Konsepnya adalah simbolisasi semangat hidup yang diterjemahkan melalui warna warni lampu dalam setiap lantai bangunannya. Desainnya benar-benar kelas dunia dengan visi yang progresif. Dan yang tidak kalah uniknya adalah rumah sakit ini dibangun dengan menggunakan bahan daur ulang.
Harlem Hospital adalah rumah sakit lain yang memiliki desain elegan. Berlokasi di New York, perancang bangunan rumah sakit ini menjadikan gedung tersebut bagaikan pigura untuk karya lukis kelas dunia. Bagaimana tidak, kaca panel raksasa yang menjadi material bangunan bisa membentuk lukisan-lukisan mural. Kalau malam hari, muncul cahaya lukisan tokoh-tokoh dunia dari kaca ini yang mengkoneksikan antar paviliun-paviliun kamar. Perusahaan interior design di Jakarta juga bisa merancang model rumah sakit seperti ini.
Uppsala University Hospital adalah rumah sakit lain yang juga memanfaatkan kaca sebagai ornamennya. Rumah sakit yang baru berumur lima tahun sejak didirikan tahun 2012 ini memiliki interior yang menawan. Salah satunya adalah fasilitas pemandangan atap yang indah. Tidak heran kalau desain rumah sakit ini memenangkan ajang bergengsi Nordic Architectural Firm Tengbom. Interior rumah sakit ini juga dirancang dengan konsep yang dinamis sehingga pasien-pasien di dalamnya secara psikologis menjadi semangat untuk sembuh.
Jika ada rumah sakit yang didesain seperti stadion sepakbola, maka rumah sakit Rey Juan Carlos di Madrid, Spanyol adalah juaranya. Interior rumah sakit ini kaya dengan unsur pencahayaan. Hebatnya lagi, untuk membuat pasien merasa homy di dalamnya, pihak rumah sakit juga membangun taman atap hijau yang dapat dilihat dari setiap kamar.
Tidak hanya di luar negeri, Jakarta pun memiliki rumah sakit dengan desain yang unik. Rumah sakit Anak di Kemang adalah contohnya. Dengan keterbatasan dana desain rumah sakit ini ternyata mampu menuai pujian. Salah satu keindahannya adalah cahaya di bagian atas jendela yang menggenangi interior kamar dengan warna yang berbeda-beda. Dan perancang desain rumah sakit ini adalah asli orang Indonesia. Ini membuktikan bahwa desainer Indonesia kreatif dan inovatif dalam menciptakan konsep interior.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar